Senin, 10 Juni 2013

Definisi Malware dan Tanda Android terkena Malware

Definisi

Pengertian Malware adalah singkatan dari Malicious Software - sebuah Program/software jahat, menyusup ke dalam sistem komputer, lalu mengakibatkan berbagai kerugian pada pengguna komputer. Malware dibuat oleh manusia, sudah tentu sangat paham tentang pemrograman perangkat lunak komputer.

Anggapan "salah-kaprah" adalah, orang menganggap sama antara malware maupun virus. Ini anggapan sangat keliru. Dari sisi tata-bahasa, Malware adalah nama-kelompok, sedangkan Virus adalah nama-diri, berarti merupakan bagian (anggota kelompok) dari Malware ini.

Jenis Malware

Malware terdiri dari beberapa jenis atau bentuk :
  •     Virus
  •     Worm
  •     Trojan Horse
  •     Spyware, Adware, Scareware dan banyak lagi variant lainnya.
Sampai disinipun orang juga sering salah, menganggap Worm maupun Trojan adalah Virus, sehingga sering disebut "virus Worm atau virus Trojan". Sebenarnya Virus, Worm dan Trojan masing-masing adalah nama-diri. Ketiganya memiliki perbedaan amat besar, baik dalam struktur program, cara kerja, termasuk akibat nya pada komputer.

Analoginya sama dengan tiga anak yang bernama Vicky (Virus), Wendy (Worm), serta Teddy (Trojan). Ketiga anak tersebut sangat berbeda, kan?

Kita tidak bisa berkata : "saya kemarin ketemu Vicky-Wendy dan Vicky-Teddy" ... jadi lucu ya ...  hahaha ... Maap, cuma bercanda aja nih. Semoga sekarang bisa menjadi jelas.

Infeksi Malware

Masuknya malware ke dalam komputer disebut " Infeksi ", atau ada juga disebut " attack ". Sehingga dalam dunia komputer sering ditemui istilah Infeksi Virus, atau Virus attack dsb. Infeksi malware terjadi dengan bermacam cara, misalnya :

  •     masuk melalui jaringan komputer (network).
  •     masuk melalui pertukaran data (data exchange).
  •     masuk melalui pertukaran penyimpan data (storage exchange).
  •     masuk melalui lampiran (attachment) email.

Tentu masih banyak lagi cara terjadinya infeksi malware ke dalam sistem komputer.

Akibat Infeksi Malware

Setiap jenis malware komputer menimbulkan akibat berbeda-beda. Tergantung dari jenis malware serta tujuan malware tersebut dibuat. Dari hanya sekedar "lelucon/joke", sampai penghancuran suatu sistem besar. Pasti tidak ada satu user pun mau sistemnya di-infeksi oleh malware, apapun jenisnya.

Mengenal malware, termasuk akibatnya, adalah sesuatu yang akan memberikan manfaat besar. Terutama dalam usaha menanggulangi infeksi malware. Dengan mengenalinya, akan lebih mudah untuk menentukan langkah penanggulangan yang tepat, tanpa rasa panik yang berlebihan.

Tanda Android Terkena Malware

Malware bisa menyerang perangkat apa aja termasuk smartphone Adroid milik kamu, Sayangnya serangan Malware  yang ada di Android t jarang diketahui padahal Malware  yang ada di Android sangat berbahaya sebab bisa mencuri data rahasia sampai menggunakan kuota Internet kamu.

Nah berikut ini ada beberapa tanda yang menunjukan jika Smartphone android milik kamu terkena Malware. Mau tahu aoa aja itu simak berikut ini.
1. Daya tahan baterai menurun
Jika tiba tiba daya tahan baterai kamu menurun tanpa sebab maka kamu harus mecurigainya bisa saja smartphone android kamu sudah dimasuki malware yang menguras tenaga baterai kau untuk beroperasi.
2. Dropped call dan gangguan panggilan
Malware bisa menguping pembicaraan yang dilakukan dengan perangkat Android. Ketika hal ini terjadi, bisa muncul efek samping berupa gangguan panggilan atau dropped call.
3. Tagihan telepon yang membengkak
Jika tiba tiba tagian telepon kamu menjadi membesar padahal kamu tidak banyak menggunaka telepon kamu untuk hal hal yang menghabiskan banyak uang biasa jadi ini adalah ulah malware yang berusaha mencuri pulsa kamu.
4. Konsumsi data naik tiba-tiba
Yang satu ini juga bisa terjadi akibat malware, mirip dengan keanehan tagihan telepon di atas. Perubahan pola upload atau download boleh jadi merupakan pertanda bahwa seseorang atau sesuatu sedang memanfaatkan koneksi internet pada perangkat Android.
5. Performa yang menurun
Biasanya android yang terinveksi malwar maka performanya akan menurun hal ini karena malware tadi terus menerus berjalan sehinga menguras memori ram dan memakan load prosesor yang tinggi.
Nah itulah beberapa tanda jika ponsel android kamu terinveksi malware.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

4 komentar: